Perlukah Orang Tua Meminta Maaf Kepada Anaknya?

Terlepas siapapun yg melakukan sebuah kesalahan, baik kita maupun anak, mengucapkan permintaan maaf adalah hal yang harus dilakukan. Ini juga sekaligus dapat mengajarkan anak agar dapat mengerti serta berbesar hati dan selalu dapat mengalah juga meminta maaf.

Perlukah Orang Tua Meminta Maaf Kepada Anaknya?


Tentunya nanti anak-anak akan mencontek apa saja prilaku orang tuanya. Ingat, mereka adalah anak kita dan suatu saat akan menjadi orang tua juga yang mungkin mendapatkan situasi yg sama dengan yang kita lalui saat ini.

Sebagian orang tua mungkin berfikir sebaliknya, Tidak mau meminta maaf dengan alasan ingin mengajarkan kepada anak tentang disiplin dan mengetahui sendiri letak kesalahan dari perbuatan yg dilakukan. Sehingga ketika 1 sampai dengan 2 kali diajarkan, maka mereka merasa sepatutnya anak-anak telah mengerti dan perlu meminta maaf pada kesalahan yang dilakukan.

Apakah Anda mengetahui dengan berinisiaitif untuk mengucapkan permintaan maafke pada anak, maka Anda dapat membantu membangun kepercayaan diri mereka dan juga membentuk rasa aman kepada anak mengenai dunia luar. Selain daripada itu, Anda juga dapat mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana harus memiliki sikap didalam lingkungan sosial.

Lalu kapankah waktu yang tepat untuk meminta maaf kepada anak?

1.    Saat kita selalu berbicara tiada henti serta menghukumnya karena dia sudah melakukan sebuah kesalahan ataupun melakukan suatu hal yang tak sesuai dengan harapan orang tua.

2.    Saat kita telah membuat dirinya malu serta merasa tak nyaman. Ketika berada didalam lingkungan sosialnya atau saat berada ditempat umum. Para orang tua melupakan hak seorang anak yang seharusnya kita lindungi.

3.    Saat kita sudah menuduh dirinya melakukan suatu hal padahal mereka tak melakukannya, ataupun kita tak melihat kejadian tersebut secara langsung.

4.    Saat kita telah kehilangan kesadaran serta memperlakukan dirinya dengan kasar. Seperti berbicara dengan keras, berteriak, membentak yang disebabkan oleh emosi kita yg sedang tak stabil dikarenakan memiliki masalah yang lain. Sehingga anda menjadikan anak untuk pelampiasan yang tidak disadari.

5.    Saat mereka melihat anda bersikap suatu hal yang salah kepada orang lain.

6.    Saat tidak sadar dan tak sengaja anda mengucapan suatu hal yg negatif, ketika sedang bersama dengan mereka.

Baca Juga : 6 Tips Untuk Bunda yang Mempunyai Anak Laki-laki

Lalu bagaimanakah cara meminta maaf kepada anak?

1.    Lakukanlah hal tersebut saat Anda dan anak sudah tenang. Janganah meminta maaf saat Anda maupun anak Anda masih dalam keadaan emosi yg meledak dan suasana hati yg masih buruk serta penuh dengan amarah.

2.    Buat menjadi lebih sederhana. Tak harus menjelaskan semuanya secara detail mengapa dan kenapa Anda melakukan sebuah kesalahan. Cukup dengan memberitahu mereka bahwa Anda telah menyesal melakukannya dan meminta maaf karena sudah melakukan ataupun mengucapkan suatu hal yg salah.

3.    Berhenti mencari-cari alasan ataupun pembenaran demi membela diri atas kesalahan yang telah Anda perbuat. Tak ada yg patut untuk dijadikan kambing hitam atas perilaku Anda. Dikarenakan Anda yg telah melakukan, maka dari itu Anda juga yang harusnya bertanggungjawab.

4.    Ciptakanlah suasana yang bisa membuat anak-anak mempercayai kembali, bahwasanya Anda tak akan melakukan hal-hal yang sama dikemudian hari. Berikanlah ia suatu hal yang bisa mengembalikan emosi seperti sediakala, yang pernah terluka dikarenakan sikap juga perbuatan Anda.

Tak ada salahnya anda sebagai orang yang lebih dewasa untuk mengucapkan permintaan maaf lebih dahulu pada anak tercinta. Dikarenakan dengan proses tersebut, maka kita melatih mereka agar lebih bertanggungjawab dengan apapun yg sudah dilakukannya kelak dikemudian hari.


Tags Pencarian:
- kata-kata minta maaf kepada anak
- kata maaf untuk anakku
- kata maaf buat anak
- kata kata permintaan maaf untuk anak
- cara meminta maaf kepada ibu secara islam
- hukum ibu menyakiti hati anak
- hukum orang tua yang menyakiti hati anaknya
- kata mutiara buat anak tersayang
SHARE

Jasa Foto

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

Video Paling Banyak Di Tonton